Ada yang bisa kami bantu ?
Masuk Daftar

MENGETAHUI JENIS DONGKRAK YANG SESUAI KEBUTUHAN ANDA

16 Oktober 2019

Oleh Tim Toko Quick

 

Dongkrak (car jack) adalah sebuah alat pengangkat untuk mengangkat barang berat yang digerakkan tangan. Dalam dunia otomotif, dongkrak merupakan alat yang wajib dimiliki oleh bengkel penyedia layanan servis maupun modifikasi mobil dan sepeda motor. Tentunya dongkrak sangat diperlukan terutama di perkotaan yang seringkali mengalami ban kempes akibat paku liar bertebaran di jalanan. Selain itu, dongkrak juga merupakan hal yang wajib dipersiapkan bagi pengendara untuk mengangkat mobil pada waktu pemasangan jek stand supaya memudahkan pada saat pemasangan catalytic converter. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengganti ban mobil, namun tujuan lainnya seperti melakukan inspeksi atau perbaikan sistem pengereman itu juga membutuhkan dongkrak sebagai sarana pendukung dalam melakukan aktivitas perbaikan mobil tersebut.

 

Dengan mengenal tipe dongkrak, anda dapat memastikan jenis-jenis dongkrak yang efektif untuk digunakan.

 

1.Tekiro Dongkrak Jembatan

Dongkrak manual model jembatan digunakan untuk mengangkat dan memperbaiki bagian bawah mobil seperti velg, ban, shockbreaker. Alat ini tidak memakai sistem hidrolik sehingga Anda tidak perlu khawatir bocor saat mobil telah terangkat. Cara menggunakan dongkrak ini adalah dengan memutar poros ulir searah jarum jam, dan memutar ke arah sebaliknya untuk mengendorkan. Kelebihan dongkrak gunting adalah harganya murah, perawatan mudah, parktis dan tidak banyak memakan tempat, sedangkan kelemahan dongkrak gunting adalah membutuhkan banyak tenaga untuk mengangkat mobil. Dongkrak jenis ini juga disebut dengan dongkrak ketupat atau dongkrak gunting , yang merupakan peralatan standar yang ada pada setiap mobil, artinya jika anda membeli mobil baru disertakan juga dongkrak jenis ini.

 

2. Tekiro Dongkrak Botol

Cara kerja dari dongkrak ini menggunakan sistem hidrolik saat anda akan menggunakan untuk mengangkat mobil, tinggal dipompa menggunakan tuas yang tersedia, sedangkan untuk menurunkannya anda tinggal mengendorkan katupnya. Sistem hidrolik pada dongkrak botol, sehingga saat digunakan untuk mengangkat mobil terasa lebih ringan. Dengan ukurannya yang kecil sehingga dapat menjangkau celah sempit. Kekurang dongkrak ini bila terjadi kebocoran seal olinya, sehingga daya angkat menjadi berkurang.

 

3. Tekiro Dongkrak Buaya

Dianamakan dongkrak buaya karena saat digunakan bentuknya seperti mulut buaya yang terbuka. Sama seperti dongkrak botol, dongkrak buaya juga menggunakan sistem hidrolik dengan ukuran tuas yang panjang sehingga dapat dimasukkan agak menjorok kedalam kolong kendaraan. Kelebihan dari dongkrak ini adalah bisa digunakan dalam segala medan, misalnya medan miring atau tidak rata, karena menggunakan empat roda. Selain itu cocok digunakan untuk semua jenis mobil.

 

Dari beberapa jenis dongkrak tersebut anda bisa menentukan jenis apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda. Tokoquick.id menyediakan peralatan power tools, hand tool, sparepart quick traktor maupun alat pertanian. Kami melayani penjualan dengan harga yang terjangkau dan pengiriman ke seluruh Indonesia.

Info Terkait

Komentar

Beranda
0
Keranjang
Bantuan Voucher Pesanan Profil