Ada yang bisa kami bantu ?
Masuk Daftar

CARA MENGGUNAKAN AIR NAILER ATAU PAKU ANGIN

16 Oktober 2019

Oleh Tim Toko Quick

 

Sesuai dengan namanya, air nailer atau paku angin adalah alat untuk memaku dengan menggunakan tenaga angin. Alat ini biasa digunakan untuk pekerjaan dengan berbahan kayu yang membutuhkan pengerjaan pemakuan. Power tool yang cukup efektif untuk menancapkan paku pada media kayu, beton, plywood, partikel bahkan kalsiboard. Dengan menghubungkan air nailer pada tenaga angin berupa kopresor, anda dapat mempercepat proses pengerjaan karena dengan satu kali tembakan paku dapat langsung menembus kayu. Alat ini sangat bermanfaat untuk kontraktor bagunanan, industri pembuatan mebel atau perkayuan dan lainya yang membutuhkan proses pemakuan dalam jumlah yang banyak.

 

Cara Mengisi Paku

Cara pemasangan dan penggunaan alat paku angin kemungkinan berbeda-beda antara merek satu dengan yang lainnya, untuk lebih jelasnya bacalah buku manual penggunaan yang didapatkan saat membeli alat paku angin. Buka knob pengunci tutup tempat paku.Tarik tutup tempat paku kearah bawah. Jenis paku yang digunakan untuk paku angin adalah paku khusus bernama brad nail. Paku tersebut berbentuk tipis dengan kepala paku yang kecil dan juga paku ini tersusun dan lekat satu dengan yang lain. Masukan paku (brad nail) dengan posisi bagian yang tajam menghadap ke arah luar. Tutup kembali lalu kunci tempat paku

 

Cara Menggunakan Air Nailer F30 C

Jika paku angin masih baru, jangan lupa untuk memberikan oli pelumas yang telah disediakan saat membeli bisa juga menggantinya menggunakan oli khusus untuk mesin jahit (minyak singer) sebagai penggantinya. Masukan oli melalui lubang tempat angin masuk. Sebelum menggunakannya harus memastikan tekanan pada kompresormu cukup karena air nailer atau paku angin ini bekerja dengan tekanan 90 psi. Selanjutnya hubungkan selang kompresor pada air nailer, putar pengunci untuk safety pada tuas agar paku dapat ditembakan. Pada model air nailer F30 C terdapat pengunci safety pada tuas. Jangan lupa untuk mencabut selang angin jika tidak digunakan lagi karena alat ini sangat berbahaya jika dipegang oleh orang yang tidak tahu cara menggunakannya. Selanjutnya arahkan alat pada bagian yang akan dipaku lalu tekan tuas untuk menembakan paku.

 

Keamanan dan Safety

Peralatan pertukangan menuntur perhatian pada keamanan, tidak terkecuali air nailer. Ada beberapa informasi keselamatn dasar di bawah ini, tetapi ikuti instruksi dari pabrik pembuat air nailer untuk penggunaan, perawatan dan keamanan.

 

a.   Periksa alat dan perbaiki atau ganti bagian yang rusak sebelum digunakan.

b.   Jangan pernah mengganti sparepart jika kurang paham

c.   Pakailah kacamata pengaman dan peralatan lainya sebagaimana ditentukan dalam manual nailer.

d.   Jauhkan tangan, kaki dan bagian tubuh lainya dari area tembak. Gunakan klem saat anda perlu mengamankan benda kerja.

e.   Putuskan sambungan alat dari kompresor udara sebelum melakukan perawatan dan perbaikan.

f.   Jangan sekali-kali mengarahkan alat pada orang atau binatang.

g.   Jauhkan orang lain saat mengoperasikan nailer.

 

Dalam pemilihan brad nail untuk mengisi air nailer harus di sesuaikan untuk pengerjaan memaku jenis bahannya. Jadi saatnya anda membeli air naile jangan lupa memilih brad nail yang sesuai, karena sangat banyak sekali jenis brad nail yang ada. Sekian pembahasan kali ini semoga bisa bermafaat untuk anda.

Info Terkait

Komentar

0