Ada yang bisa kami bantu ?
Masuk Daftar

JADI TEKNISI LISTRIK, ANDA HARUS MILIKI 11 ALAT INI

29 Juni 2019

Oleh Tim Toko Quick

 

Teknisi listrik tentunya sama seperti teknisi yang lain membutuhkan peralatan penunjang untuk melakukan pekerjaan pemasangan instalasi, perawatan, dan perbaikan. Dalam praktiknya, teknisi listrik harus melengkapi diri dengan berbagai alat yang dibutuhkan serta mematuhi aturan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

 

Pengetahuan dan pengalaman saja tentunya belum cukup melakukan praktik kerja apalagi tanpa didampingi oleh tenaga profesional. Kenapa demikian?

 

Karena pekerjaan ini membutuhkan alat khusus untuk mengatasi masalah. Alat-alat yang dibutuhkan tentu sangat beragam. Ada jenis alat yang sudah sering digunakan sampai alat di mana hanya teknisi listrik yang tahu fungsinya.

 

Berikut alat yang harus dimiliki teknisi listrik:

 

Tekiro Obeng

Penggunaan obeng sangatlah penting untuk teknisi listrik. Obeng berfungsi sebagai alat bantu pembongkaran barang, seperti membuka atau mengencangkan sekrup.

 

Tekiro Tang

Untuk melilit dan memotong kabel, menggenggam komponen-komponen bulat berukuran kecil, serta membengkokkan logam yang tipis sebaiknya menggunakan tang. Setidaknya ada 3 jenis tang yang paling umum digunakan, yaitu tang pemotong, tang lancip, dan tang kombinasi. Sementara tang lancip biasa digunakan sebagai pengikat kabel atau pembulat kabel tapi juga bisa digunakan untuk memotong kabel. Dan tang kombinasi merupakan jenis tang serba bisa, termasuk dalam membuka baut. Selain itu ada juga jenis tang yang tidak umum namun sangat bermafaat khususnya bagi teknisi listrik yaitu tang pengupas kabel, tang press, tang pembulat, dan tang jepit.

 

Tekiro Kunci Pas dan Ring

Tidak sedikit komponen kelistrikan yang dilengkapi dengan baut seperti pada panel rangkaian listrik sehingga kepemilikan kunci pas dan ring sangat diperlukan. Dalam praktiknya memang anda bisa melepaskan baut dengan menggunakan tang atau kunci inggris, namun penggunaan alat yang tidak sesuai justru akan membuat komponen rusak dan teknisi lebih banyak membuang tenaga.

 

Tekiro Palu

Pada beberapa praktik lapangan, seorang teknisi listrik melakukan aktivitas pemukulan. Nah, Tekiro palu berfungsi untuk mencabut baut dan paku pada tembok.

 

Teliro Kunci L

Kadang kala ada saja komponen peralatan listrik yang dilengkapi dengan baut L sehingga peran dari kunci L sangat diperlukan.

 

Tekiro Kunci Inggris

Tekiro kunci inggris adalah alat kerja yang banyak digunakan oleh berbagai teknisi yang berfungsi untuk mengencangkan atau mengendorkan baut dengan ukuran yang dapat disesuaikan. Namun, khusus kunci inggris yang digunakan sebagai alat kerja teknisi listrik dilengkapi dengan pegangan berbahan karet atau bahan isolator agar tidak tembus tegangan listrik.

 

Tekiro Cutter

Untuk mengupas, membelah bagian isolasi kabel listrik yang memiliki ukuran lebih besar, yang tidak bisa dikupas oleh tang, pakai Tekiro cutter. Pegangannya berbahan plastik sehingga bisa menjadi isolator saat bekerja.

 

Tekiro Tespen

Untuk menjaga keselamatan teknisi listrik, terlebih dahulu pastikan dengan tespen apakah peralatan listrik tersebut memiliki tegangan atau tidak. Jika terdapat listrik di stop kontak atau kabel listrik, maka lampu indikator akan menyala. Jika tidak ada aliran listrik maka lampu indikator tidak akan menyala. Fungsi lainnya yaitu untuk membuka sekrup dari komponen alat listrik yang berukuran kecil.

 

Selain alat listrik di atas, ada juga alat lain yang sebetulnya tidak terlalu wajib akan tetapi berfungsi di kala waktu tertentu saja, yaitu:

 

Tekiro Solder

Penggunaan solder untuk menghubungkan dua penghantar dengan menggunakan timah adalah satu cara yang aman karena sambungan terhubung dengan kuat sehingga tidak mudah longgar. Selain itu, solder juga dapat digunakan untuk memasang berbagai komponen listrik pada papan rangkaian (PCB).

 

Tekiro Meteran

Peranan alat ukur pada saat pengukuran juga sangat diperlukan, apalagi ketika melakukan pemasangan instalasi listrik rumah.

 

Tekiro Gergaji

Sangat bermanfaat untuk memotong pipa yang biasanya ada ketika melakukan pemasangan instalasi listrik rumah.

 

Safety alat wajib bagi teknisi listrik karena berhubungan langsung dengan arus listrik. Pakai sarung tangan, helm, baju safety, dan serta sepatu yang dikenakan. Pilih alat dengan pegangan karet atau plastik yang berfungsi untuk isolator arus listrik dan kenyamanan saat melakukan pekerjaan.

 

Demikian ulasan kali ini mengenai alat-alat Tekiro apa saja yang harus dimiliki oleh teknisi listrik sebelum terjun ke lapangan. Semoga dapat bermanfaat dan membantu mencarikan solusi permasalah-permasalahan anda.

Info Terkait

Komentar

0