Ada yang bisa kami bantu ?
Masuk Daftar

3 ALAT TAMBAHAN UNTUK PERCEPAT PASANG KERAMIK

30 Juli 2019

Oleh Tim Toko Quick

 

Lantai dan dinding keramik bisa menjadi pilihan untuk rumah masa kini. Selain tahan lama dibandingkan dengan material lainnya, harga keramik pun sangat terjangkau.

 

Tersedia jasa pemasangan keramik mulai dari yang profesional sampai tukang harian lepas. Namun, tidak ada salahnya untuk memasangnya sendiri karena alat yang digunakan cukup sederhana dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Cukup siapkan alat seperti alat pemotong keramik, cangkul, dan cetok, plus beberapa alat tambahan berikut ini:

 

Tekiro Meteran

Sebelum melakukan pemasangan keramik, terlebih dahulu lakukan pengukuran dan membuat pola untuk menentukan berapa jumlah keramik yang akan anda beli nantinya. Beri tanda dan pastikan mereka akan bertemu pada satu titik di tengah ruangan. Kemudian, tempelkan benang mengikuti garis meteran dan gunting benang tersebut. Benang sebagai pengganti meteran dalam rangkaian cara memasang keramik ini sebagai garis acuan saat proses pengerjaan.

 

Tekiro Palu Plastik

Letakkan keramik di atas mortar perekat lalu tekan ke bawah dengan pelan, serta ketok dengan palu plastik hingga posisi ubin stabil. Pada saat mengetok keramik, pastikan anda mengecek suara yang timbul. Jika suara berdengung berarti ada perekat yang tidak merekat pada keramik. Segera angkat keramik tersebut dan lakukan perbaikan pengadukan perekat hingga merata dan tempelkan pada posisi semula.

 

Tekiro Waterpass

Pakailah waterpass untuk mengepaskan ketinggian keramik sampai merata. Jika terlihat ada permukaan yang tidak rata, maka bisa menambah atau mengurangi mortar perekat keramik sampai rata. Pada saat pemasangan keramik cukup 3-4 ubin, karena dikhawatirkan perekat akan cepat mengering. Cek kedataran dengan memperhatikan gelembung cairan pada alat pengukur yang ada bagian tengah alat waterpass. Sedangkan untuk mengecek ketegakan maka dapat dengan melihat gelembung pada bagian ujung waterpass. Untuk memastikan apakah bidang benar rata maka gelembung harus benar-benar berada di tengah alat yang ada.

 

Diamkan keramik yang sudah ditempel hingga kering. Selanjutnya, adalah oleskan nat keramik yang sudah dicampur air. Nat keramik ini berguna dalam cara memasang keramik untuk mengisi sela-sela jarak antarkeramik. Gunakan applicator datar untuk mengoleskan nat dan pastikan semua sela-sela terisi penuh. Penting dalam cara memasang keramik ini untuk mendiamkan nat selama 5-15 menit dan bersihkan dengan spons. Hati-hati dalam menggunakan spons untuk membersihkan area lain. Pastikan tidak ada tetesan air dari spons karena dapat membahayakan kinerja nat.

 

Dalam hal mengerjakan suatu pekerjaan tersebut anda mungkin memerlukan peralatan sehingga sesuatunya dapat berjalan dengan mudah dan terencana sehingga didapatkan hasil yang maksimal. Jika anda memerlukan peralatan hand tools jangan lupa untuk kunjungi Tokoquick.id.

Info Terkait

Komentar

0