Ada yang bisa kami bantu ?
Masuk Daftar

FUNGSI KUNCI NIPEL UNTUK PERBAIKAN KENDARAAN APA SAJA?SIMAK PENJELASAN INI!

22 Oktober 2019

Oleh Tim Toko Quick

 

Dalam pekerjaan sehari-hari maupun di bengkel otomotif, baik itu bengkel motor maupun bengkel mobil seorang mekanik membutuhkan kunci untuk membongkar pasang komponen. Kunci ini ada karena untuk melepas baut, tidak mungkin anda akan melepasnya menggunakan tangan kosong untuk melepaskan atau memasangnya.

 

Penggunaan kunci nipel masih terlihat asing dalam penggunaan sehari-hari maupun dalam perbengkelan. Dilihat dari bentuknya hampir sama dengan kunci ring tetapi, memiliki 6 sisi dan terbuka. Kunci nipel atau yang lebih dikenal sebagai Flare Nut Spanner, di bengkel biasanya digunakan untuk membuka pengunci yang berupa baut yang ada di pipa. Dengan bentuk yang lebih presisi kunci nipel dapat mengurangi kerusakan saat penggunaan mengencangkan dan mengendorkan baut.

 

Dalam kegunaannya untuk mengencangkan atau melepas baut pada sambungan-sambungan pipa yang tidak dapat menggunakan kunci shock maupun kunci ring. Sebagai contoh untuk melepas baut-baut pada sambungan-sambungan pipa rem dan injektor line. Bagian-bagian itu memiliki keakuratan dan presisi yang tinggi bila kendor sedikit saja bisa menyebabkan kebocoran perlu menggunakan kunci tersebut. Untuk setiap pelaku bengkel wajib menyediakan kunci set nepel ini dalam melakukan pekerjaan yang tepat bisa melindungi komponen yang ada di kendaraan dari kerusakan. Seringkali orang melepas pipa rem menggunakan kunci pas, padahal itu sangat tidak direkomendasikan karena dapat merusak kepala baut. Maka dibuatlah kunci nipel yang memiliki 5 sisi, sehingga setiap sisi dari kepala baut dapat klop dengan kunci nipel, sehingga kemungkinan selip kecil dan mencegah terjadinya kerusakan.

 

Sudah lebih tahu kan tentang kegunaan kunci nipel (flare nut) ini? Jadi, jangan sampai salah dalam memilih kunci, bisa berakibat fatal saat ingin memperbaiki mesin kendaraan apalagi punya sendiri.

Info Terkait

Komentar

0