Ada yang bisa kami bantu ?
Masuk Daftar

PENJELASAN TENTANG KUNCI INGGRIS

22 Oktober 2019

Oleh Tim Toko Quick

 

Anda pasti sering mendengar dan bahkan menggunakan kunci inggris dalam keseharian. Namun tidak ada salahnya untuk mengenal kunci ini lebih baik lagi kan? Kunci inggris atau adjustable spanner atau adjustable wrench merupakan kunci untuk melepas atau memasang mur atau baut yang dapat disetel menyempit atau melebar menyesuaikan dengan ukurannya. Di beberapa negara Eropa adjustable spanner memang disebut dengan “english key” karena perkakas tersebut ditemukan oleh insinyur Inggris bernama Richard Clyburn. Maka tak heran bila kemudian terjemahan perkakas tersebut ke dalam bahasa Indonesia jadi “kunci inggris”.

 

Konstruksinya terdiri dari rahang diam, rahang geser ulir penyetel dan lengan, apabila ulir penyetel diputar rahang geser akan bergerak menyempit atau melebar. Secara umum kunci inggris dapat digunakan untuk melepas atau mengencangkan, dengan kondisi ukuran kunci pas dan ring tidak ada yang sesuai. Penempatan rahang penyetel harus di dalam dari putaran gerakan memutar kunci, Dengan demikian ketika tangkai kunci diputar rahang tidak tetap agar bergerak mengencangkan jepitan. Tapi bila pemasangannya terbalik yaitu di arah keluar dari putaran kunci, maka rahang ahang penyetel akan bergerak ke arah melebarkan jepitan rahang. Akibatnya jepitan tidak kencang dan kepala baut atau mur bisa menjadi rusak. Penggunaannya di tarik bukan di dorong.

 

Kunci inggris memiliki ukuran tertentu, makna dari ukuran ini adalah sebagai berikut:

 

ukuran 4 inchi memiliki panjang kunci inggris dari ujung atas sampai ujung gagang adalah 100 mm atau 10 cm dengan maksimal mulut membuka sebesar 12,7mm sebagai diameter baut yang akan ditarik putar.

 

ukuran 6 inchi memiliki panjang kunci inggris dari ujung atas sampai ujung gagang adalah 150 mm atau 15 cm dengan maksimal mulut membuka sebesar 23,8mm sebagai diameter baut yang akan ditarik putar.

 

ukuran 8 inchi memiliki panjang kunci inggris dari ujung atas sampai ujung gagang adalah 200 mm atau 20 cm dengan maksimal mulut membuka sebesar 28,5mm sebagai diameter baut yang akan ditarik putar.

 

ukuran 10inchi memiliki panjang kunci inggris dari ujung atas sampai ujung gagang adalah 250 mm atau 25 cm dengan maksimal mulut membuka sebesar 33,3mm sebagai diameter baut yang akan ditarik putar.

 

ukuran 12inchi memiliki panjang kunci inggris dari ujung atas sampai ujung gagang adalah 300 mm atau 30 cm dengan maksimal mulut membuka sebesar 38,1mm sebagai diameter baut yang akan ditarik putar.

 

ukuran 15inchi memiliki panjang kunci inggris dari ujung atas sampai ujung gagang adalah 375 mm atau 37,5 cm dengan maksimal mulut membuka sebesar 42,8mm sebagai diameter baut yang akan ditarik putar.

 

ukuran 18inchi memiliki panjang kunci inggris dari ujung atas sampai ujung gagang adalah 450 mm atau 45 cm dengan maksimal mulut membuka sebesar 52,4mm sebagai diameter baut yang akan ditarik putar.

 

ukuran 24inchi memiliki panjang kunci inggris dari ujung atas sampai ujung gagang adalah 600 mm dengan maksimal mulut membuka sebesar 61,9mm sebagai diameter baut yang akan ditarik putar.

 

Namun Anda harus ingat bahwa kunci ini tidak ditujukan untuk beban berat. Semoga bisa menjadi referensi dalam pembelian kunci inggris agar tidak salah ukuran.

 

Info Terkait

Komentar

0