Ada yang bisa kami bantu ?
Masuk Daftar

AGAR KITA TAHU, ADA BANYAK MACAM-MACAM TANG YANG ADA

31 Desember 2019

Oleh Tim Toko Quick

 

Tang adalah alat yang digunakan untuk memegang, melonggarkan, memutar, mencabut atau memotong benda kerja. Tang biasa digunakan dalam aktivitas yang berhubungan dengan otomotif, kelistrikan, reparasi dan sebagainya. Alat yang sering disebut gegep ini terbuat dari bahan besi dan baja, pada bagian untuk pemegangnya dilapisi dengan bahan karet yang keras agar tidak licin ketika digunakan. Umumnya tang memiliki ukuran kecil atau hanya satu genggaman tangan.

 

Anda tentunya menginginkan mencari berbagai tang terbaik bukan?

Tang mempunyai berbagai macam jenis dengan fungsi dan cara kerja berbeda antara satu dengan lainnya.Tang biasa digunakan dalam aktivitas yang berhubungan dengan otomotif, kelistrikan, reparasi dan sebagainya. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas secara singkat macam macam tang beserta juga fungsi-fungsinya tersebut. Macam Macam Tang – Tang adalah alat yang digunakan untuk memegang, melonggarkan, memutar, mencabut atau memotong benda kerja. Tang memiliki bentuk dan jenis beragam. Secara penggunaan ia terbagi kedalam 3 kategori, yakni tang pemotong (cutting pliers), tang penjepit (clamp pliers) dan tang pengunci (clocking pillers). Macam-Macam jenis tang tersebut beserta penjelasannya dibawah ini:

 

1. Tekiro Tang Kombinasi (Linesman)

Tang kombinasi adalah tang yang paling banyak kegunaannya dengan fungsi utama memotong, memegang dan membengkokan benda kerja (baut, mur dll). Bagian ujung tang dapat digunakan untuk memotong kawat, kabel atau fiber tipis. Sedangkan bagian tengah tang yang oval bergerigi bisa berfungsi sebagai pemutar atau penjepit benda kerja seperti mur ataupun baut. Benda ini adalah salah satu barang yang wajib dimiliki di rumah, karena selain fungsi yang telah disebutkan diatas, ia masih memiliki banyak kegunaan lain.

 

2.Tekiro Tang Potong (Diagonal)

Tang potong ( Diagonal )Tang Potong memiliki rahang yang tajam yang fungsinya adalah untu memotong kawat ataupun kabel-kabel kecil. Tang ini hampir sama fungsinya seperti tang kombinasi, hanya saja dalam scope yang lebih kecil.

 

3. TekiroTang Lancip atau Tang Cucut (Long Nose)

Tang lancip memiliki bentuk yang mirip dengan ikan cucut, moncong pipih dan panjang. Tang ini juga dikenal sebagai tang cucut yang berfungsi untuk penjepit kawat atau kabel. Pada bagian dalam rahang dapat dimanfaatkan untuk memotong kabel.

 

4.Tekiro Tang Buaya

Tang buaya atau Tang penjepit adalah tang yang diciptakan tahun 1924 oleh William S. Petersen di Amerika Serkat. Hingga sekarang tang ini mempunyai bentuk model bengkok dan lurus, dengan fungsi untuk memegang atau mencengkram komponen yang akan dibuka dengan cara memutarkan bagiannya. Untuk alasan kenapa dinamai tang buaya ya, itu dikarenakan bentuk bagian moncong ini mirip seperti buaya nama lain tang ini disebut Locking Pliers. Tang ini juga bisa digunakan untuk melonggarkan dan mengencangkan baut ataupun mur. Walaupun tentu saja cengkramannya tidak sekuat dengan menggunakan kunci pas.

 

5. Tekiro Hand Riveter

Fungsi tang rivet adalah untuk memasang paku keling (rivet) pada 2 benda yang ingin disatukan. sistemnya kurang lebih sama seperti baut dan mur. Hanya saja penyatuan benda menggunakan paku keling tidak menggunakan mur sebagai pengunci dan sifatnya permanen.

 

6. Tekiro Tang Snap Ring

Tang Snap Ring adalah tang yang fungsinya untuk menjepit circlip atau snap ring dalam sebuah mesin. Tang jenis ini umum digunakan dalam perbengkelan kadang tang ini disebut tang circlip atau juga tang SPI. Dipasaran tang ini dijual dengan model tang lurus buka atau tutup dan tang bengkok buka-tutup.

 

7. Tekiro Tang Catut Kakatua

Tang ini disebut tang kakak tua karena bentuknya mirip dengan paruh burung kakaktua. Sering digunakan oleh para pekerja bangunan untuk memotong kawat ataupun mencabut paku. Selain itu ini bisa juga digunakan untuk memotong kabel atau benda-benda lain yang ukurannya kecil.

 

8. Tekiro Tang Burung

Tang burung atau tang jepit pengungkit mirip dengan paruh burung, Tang ini memiliki daya cengkram yang kuat dan pengungkitnya lebih panjang.

 

9. Tekiro Tang Slip Joint

Tang standar kendaraan beroda empat dan juga motor, dan biasanya tang ini didapatkan dari bonus pada saat membeli mobil atau motor baru. Fungsi tang slip joint adalah sebagai penggenggam atau pemutar benda kerja seperti mur dan baut. Fungsinya kurang lebih sama seperti tang kombinasi namun dalam bentuk dan kegunaan yang lebih sederhana.

 

10.Tekiro Ratchet Crimping Press atau Wire stripper

Tang ini digunakan untuk memotong atau mengupas kabel, Ia mempunyai bagian bergerigi yang mirip seperti gunting dengan kedua sisi yang tajam seperti mata gergaji. Untuk memotong atau mengupas kabel kita tinggal memasukan kabel ke salah satu lubang yang ada sesuai dengan ukuran kbel . Selanjutnya tinggal kita tekan atau diputar dulu agar potongannya lebih merata.

 

Nah, setelah anda membaca artikel ini dapat mengetahui dan memilih tang yang diperlukan karena sudah mengetahui fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Info Terkait

Komentar

Beranda
0
Keranjang
Bantuan Voucher Pesanan Profil