AGAR TENAGA MAKSIMAL, BEGINI CARA MENYETEL VALVE MESIN DIESEL

Pak Bos pernah merasakan mesin diesel yang susah hidup dan tenaga berkurang? Jika pernah, mungkin hal ini adalah penyebabnya.

Berkurangnya tenaga dan starter yang rewel bisa terjadi pada mesin diesel yang sudah beroperasi lama. Salah satu penyebab kurang optimalnya mesin yang sering ditemukan adalah longgarnya valve (klep). Pak Bos sebenarnya tidak perlu khawatir, masalah ini dapat dicegah dengan melakukan penyetelan berkala. Tujuan penyetelan celah valve dimaksudkan untuk memperoleh waktu yang tepat saat valve (klep) membuka dan menutup.

Nah, untuk itu Mas Quick akan memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengatur celah valve (klep) pada mesin diesel. Penyetelan celah valve (klep) ini dilakukan pada saat mesin berhenti berputar dan dalam keadaan dingin ya Pak Bos. 

1. Posisikan piston pada posisi Top Kompresi.

Putar fly wheel searah dengan putaran kerjanya (berlawanan dengan arah jarum jam) menggunakan tangan hingga terasa ada hambatan/berat (posisi kompresi). Kemudian tarik tuas dekompresi sehingga fly wheel mudah digerakkan. Sejajarkan tanda garis (terdapat huruf “T”) pada fly wheel dengan tanda top kompresi (tonjolan) pada cooling fan cover dengan cara memutar fly wheel searah putaran kerjanya. Seperti pada gambar di bawah.

     2. Buka cylinder head cover menggunakan kunci socket atau kunci T ukuran 10 mm. 

Pelepasan cylinder head cover

Cylinder head cover yang sudah terlepas

     3. Atur jarak celah katup ex dan in sehingga memiliki jarak celah sebesar 0,2 mm.

Kendorkan lock nut dari screw rocker arm menggunakan kunci ukuran 12 mm hingga decompression adjusting screw mudah diputar. Putar decompression adjusting screw menggunakan obeng flat (-) / flat screwdriver. Lalu atur jarak antara rocker arm dengan ujung batang valve menjadi sebesar 0,2 mm. Pengukuran ini dulakukan dengan menggunakan feeler gauge. Lakukan langkah serupa untuk penyetelan katup in.

Penyetelan katup Ex.

  1. Pasang kembali cylinder head cover.

Pemasangan cylinder head cover


Nah, itu tadi penjelasan tentang cara menyetel celah
valve (klep) dari Mas Quick. Sekarang Pak Bos sudah tahu kan apa yang harus dilakukan untuk menjaga performa mesin diesel? Selamat mencoba Pak Bos!

Semua Quick, Semua Hebat.

Semua Komentar

    Tinggalkan Komentar