Mau Mengebor? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!

Terkadang kita membutuhkan mesin bor untuk membuat lubang entah itu di dinding, permukaan kayu atau yang lainnya. Namun cara bor yang salah akan menghasilkan lubang yang kurang rapi dan ada kemungkinan akan lebih cepat memakan mata bor.

Disini kami akan berbagi tips bagaimana cara mengebor yang benar agar lubang yang Pak Bos buat menjadi rapi.

1. Posisi pengeboran

Kelihatannya memang remeh temeh, tapi posisi pengeboran adalah salah satu hal yang utama bila ingin menghasilkan lubang yang presisi. Selain itu penggunaan mata bor juga akan efisien. Usahakan bor 90 derajat dari permukaan yang ingin di bor untuk menghasilkan lubang yang lurus.

2. Pilih mata bor yang sesuai

Secara umum ada tiga media pengeboran, yaitu kayu, besi dan beton. Ketiga media pengeboran tadi pastinya menggunakan mata bor yang berbeda-beda. Oleh karena itu sangat penting memilih mata bor yang sesuai dengan media yang akan di bor. Pemilihan mata bor yang salah bisa mengakibatkan lubang yang dibuat tidak rapi bahkan bisa membuat mata bor aus dan patah. Tentunya hal tersebut akan mengakibatkan kerugian, belum lagi kalau mesin bornya malah rusak.

3. Sesuaikan kecepatan putaran mata bor

Hal yang tidak kalah penting adalah kecepatan putaran mata bor. Kecepatan pengeboran harus disesuaikan dengan ukuran mata bor yang digunakan. Semakin kecil ukuran mata bor yang digunakan maka kecepatan putaran juga harus dinaikan.

4. Pilih Mesin Bor yang tepat

Tidak semua mesin bor cocok untuk digunakan ke semua media pengeboran. Contohnya untuk mengebor media beton sebaiknya anda menggunakan mesin impact drill. Sedangkan media lain tidak perlu menggunakan impact karena dapat mengakibatkan mata bor menjadi patah

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan bila ingin mengebor. Apabila Pak Bos ingin membeli mesin Bor, bisa mengunjungi www.tokoquick.id, harga lebih murah dari harga teman :).

Semoga tips kali ini bermanfaat buat Pak Bos. Terima kasih.

Semua Komentar

    Tinggalkan Komentar