Quick Harvester H140R Pak Bos susah memotong batang padi? Ini penyebabnya...

Masa panen adalah masa paling menggembirakan bagi petani. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, maka pastinya Pak Bos memakai Harvester H140R. Namun Pak Bos, kelalaian dalam perawatan Harvester H140R bisa membuat Harvester susah memotong batang padi. Akibatnya? Biaya menjadi membengkak dan hasil yang didapatkan jadi tidak maksimal. Pak Bos pasti tidak mau hal itu terjadi kan? Perlu diingat Pak Bos, sebelum memanen padi, sebaiknya Pak Bos mengecek pisau/mata cutter. Susahnya harvester H140R memotong batang padi akibat dari pisau/mata cutter yang tidak berfungsi dengan baik. Nah, disini Mas Quick ingin membeberkan beberapa penyebab kurang berfungsinya pisau/mata cutter.

1. Mata cutter yang tumpul

Mas Quick pernah mendapatkan keluhan dari salah seorang operator Harvester H140R. Menurut operator ini, harvester yang ia jalankan susah memotong padi, sehingga pemanenan menjadi kurang bersih karena banyaknya batang padi yang tidak terpotong. Setelah Mas Quick cek, ternyata pisau/mata cutter yang digunakan sudah tumpul, sehingga hasil potong menjadi tidak maksimal. Sebagai pintu awal dari proses panen, selalu pastikan mata pisau yang digunakan dalam kondisi tajam. Apabila memang sudah tumpul, sebaiknya pisau/mata cutter diganti yang baru.

2. Cutter bar bengkok

Cutter bar yang bengkok merupakan kasus yang lumayan jarang terjadi. Hal itu bisa terjadi akibat pengoperasian yang salah, karena menjalankan mesin panen Harvester H140R bukanlah sebuah perkara yang mudah. Perlu semacam pelatihan khusus dari Tim demo Quick Traktor selaku produsen mesin ini. Operator yang kurang lihai bisa jadi secara tidak sengaja menabrak benda asing dan mengakibatkan bengkoknya Cutter bar. Untuk penanganannya, cutter bar bisa diluruskan, namun apabila bengkoknya sudah parah, cutter bar terpaksa diganti.

Sekian info dari Mas Quick. Semoga info tersebut bisa bermanfaat bagi Pak Bos

Semua Komentar

    Tinggalkan Komentar